Cara Menampilkan Data Dari Database di Laravel

Cara Menampilkan Data Dari Database di Laravel

Cara Menampilkan Data Dari Database di Laravel – Berikut adalah langkah paling sederhana untuk menampilkan data dari database menggunakan Laravel.

Tahap Persiapan

– Pastikan bahwa Anda sudah membuat atau memiliki database di phpMyAdmin.
– Pastikan tiap tabel pada database yang Anda miliki memiliki suffix “s”. Anda juga bisa download sampel database pada tutorial ini di sini.
– Pastikan bahwa Anda sudah menginstall Framework Laravel. Jika tidak tahu caranya, silahkan baca tutorial berikut ini “Cara Menginstall Framework Laravel“.
– Pastikan bahwa Anda sudah menambahkan folder Laravel yang sudah terinstall ke Workspace yang ada di Visual Studio Code.

Langkah-langkah Menampilkan Data Dari Database Menggunakan Framework Laravel

1. Pertama-tama buka Visual Studio Code dan arahkan terminal ke tempat dimana Framework Laravel sudah diinstall.
2. Masuk ke folder Laravel yang sudah Anda install, lalu buka file .env untuk merubah konfigurasi database.
3. Rubah konfigurasi database sesuai dengan detail database yang sudah Anda buat.


Env Laravel

4. Pada terminal, ketikkan perintah php artisan make:model basisdatab untuk membuat Model di Laravel (ganti tulisan berwarna merah dengan nama tabel pada database Anda tanpa suffix “s”). Jika muncul pesan berwarna hijau dengan tulisan “Model created successfully.”, maka Anda telah berhasil membuat Model di Laravel.
5. Ketikkan perintah php artisan make:controller NilaiController untuk membuat Controller di Laravel (ganti tulisan berwarna merah dengan nama Controller yang ingin Anda buat). Jika muncul pesan berwarna hijau dengan tulisan “Controller created successfully.”, maka Anda telah berhasil membuat Model di Laravel.

Model and Controller has been created

6. Masuk ke app > Http > Controllers > NilaiController.php. Pada studi kasus ini, penulis akan mengedit kode di dalam Controller yang sudah dibuat tadi.
7. Tambahkan kode use App\basisdatab; tepat di bawah kode use Illuminate\Http\Request; (ganti tulisan berwarna merah dengan nama Model) dan tambahkan kode di bawah ini tepat di bawah kode class NilaiController extends Controller {.

Ganti kode basisdatab sesuai dengan nama model yang Anda buat tadi.

8. Kemudian pada routes > web.php tambahkan kode di bawah ini untuk membuat route baru

/nilaimhs : Alamat yang harus Anda akses untuk membuka website (localhost:8000/nilaimhs).
NilaiController : Nama Controller.
nilaimhs : Nama View.

9. Langkah selanjutnya buat file nilaimhs.blade.php di resources > views dan masukkan kode di bawah ini untuk membuat sebuah tampilan di halaman web dengan URL localhost:8000/nilaimhs.

Untuk penamaan file atau kode, silahkan disesuaikan sendiri.

10. Dengan demikian Anda telah berhasil membuat sebuah web sederhana yang mampu menampilkan data dari database. Untuk memastikan bahwa web bisa dibuka dan berjalan dengan baik, silahkan aktifkan XAMPP dan ketikkan syntax berikut php artisan serve di terminal Visual Studio Code.
11. Ketikkan localhost:8000/nilaimhs di web browser Anda, jika muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, maka Anda telah berhasil menampilkan data dari database menggunakan Framework Laravel.

Menampilkan Data dari Database

Ketikkan email Anda pada kotak di bawah ini untuk mendapatkan informasi terbaru dari website ini :

Please follow and like us:
error0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*