Cara Membuat CRUD di Laravel

Cara Membuat CRUD di Laravel

Cara Membuat CRUD di Laravel – Di bawah ini adalah cara membuat fitur CRUD (Create Read Update Delete) menggunakan Laravel :

Tahap Persiapan

Sebelum menerapkan tutorial ini, ada beberapa persiapan yang harus Anda lakukan terlebih dahulu antara lain :
– Pastikan bahwa Anda sudah menerapkan tutorial “Cara Menampilkan Data Dari Database di Laravel“, “Cara Membuat Pagination di Laravel“, “Cara Membuat Fitur Pencarian Data di Laravel” dan Cara Membuat Sistem Login di Laravel. Jika Anda males mengimplementasikan tutorial tersebut, Anda bisa mendownload source-nya di sini. Untuk database, silahkan gunakan ini, karena ada tambahan field ‘id’, ‘foto’ dan ‘keterangan’ di tabel ‘basisdatabs’.
– Pastikan Anda sudah membuka Visual Studio Code dan menaruh project di Workspace.
– Pastikan terminal Visual Studio Code Anda sudah berada di dalam folder project Anda.
– Pastikan bahwa XAMPP sudah dinyalakan dan berjalan dengan baik.

Langkah-langkah Membuat Fitur Create (Tambah Data) di Framework Laravel

1. Sebelum membuat fitur tambah data di Laravel, alangkah baiknya jika Anda membuat flash message terlebih dahulu. Pada dasarnya flash message digunakan untuk menampilkan pesan error atau sukses pada saat pengguna menambahkan data, edit data maupun hapus data. Untuk membuat flash message, silahkan buat file flash-message.blade.php di folder resources > views, lalu isikan dengan kode berikut ini :

2. Kemudian buka file app.blade.php yang ada di resources > views > layouts dan tambahkan kode @include('flash-message') tepat di atas kode @yield('content').

Include Flash Message

3. Langkah selanjutnya masuk ke resources > views, kemudian buat folder baru dengan nama mhs.
4. Di dalam folder mhs silahkan buat file baru _form.blade.php, kemudian isi dengan kode di bawah ini untuk membuat form default yang mana ini bisa digunakan untuk membuat form tambah data dan edit data.

5. Selain itu, buat juga file create.blade.php di dalam folder mhs, lalu isi file tersebut dengan kode di bawah ini untuk memanggil _form.blade.php.

6. Buka file nilaimhs.blade.php yang ada di resources > views, lalu tambahkan kode di bawah ini tepat di bawah kode form search untuk membuat tombol “Tambah Mahasiswa”.

Cara Membuat CRUD di Laravel

7. Setelah itu buka file web.php di dalam folder routes dan tambahkan kode Route::resource('mhs','NilaiController'); tepat di bawah kode Route::get('/nilaimhs', 'NilaiController@index')->name('nilaimhs'); untuk membuat route baru (mhs).

Route Mhs

8. Langkah berikutnya yaitu membuat validasi input data dan penyimpanan data. Untuk membuat validasi input data dan penyimpanan data, silahkan buka file NilaiController.php yang berada di app > Http > Controllers terlebih dahulu. Kemudian tambahkan kode di bawah ini ke dalam class NilaiController, selain itu Anda juga harus menambahkan kode use Validator; dan use Symfony\Component\HttpFoundation\File\UploadedFile; tepat di bawah kode use App\basisdatab;.

Create, Validation and Save

9. Langkah terakhir, silahkan buka file basisdatab.php di dalam folder app, lalu tambahkan kode di bawah ini pada class basisdatab.

Fillable Model

Fitur Read (Menampilkan Data) di Framework Laravel

Jika Anda sudah mengimplementasikan tutorial “Cara Menampilkan Data Dari Database di Laravel” berarti Anda sebenarnya sudah berhasil membuat fitur Read di Laravel. Read di sini memiliki arti yaitu membaca data dari database dan menampilkannya di halaman web.

Langkah-langkah Membuat Fitur Update (Edit Data) di Framework Laravel

1. Pertama-tama buat file edit.blade.php di dalam folder resources > views > mhs, lalu isi dengan kode di bawah ini :

2. Kemudian buka file nilaimhs.blade.php yang ada di dalam folder resources > views.
3. Tepat di bawah field Rata2 tambahkan field baru yaitu Aksi, sedangkan di bawah record Rata2 tambahkan kode berikut ini untuk membuat tombol Edit.

Button Edit Laravel

4. Langkah terakhir, silahkan buka file NilaiController.php yang ada di dalam folder app > Http > Controllers, lalu tambahkan kode di bawah ini ke dalam class NilaiController dan kode use File; tepat di bawah kode use Symfony\Component\HttpFoundation\File\UploadedFile;.

Use File dan Edit Controller

Langkah-langkah Membuat Fitur Delete (Hapus Data) di Framework Laravel

1. Pertama-tama buka file nilaimhs.blade.php di dalam folder resources > views.
2. Ganti kode di bawah ini :

menjadi

untuk membuat tombol delete di dalam field Aksi.

Tombol Delete

3. Kemudian buka file NilaiController.php di dalam folder app > Http > Controllers.
4. Langkah terakhir, tambahkan kode di bawah ini ke dalam class NilaiController untuk membuat function delete.

Controller Delete Data

Ketikkan email Anda pada kotak di bawah ini untuk mendapatkan informasi terbaru dari website ini :

Please follow and like us:
error0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*